RUROUNI KENSHIN (SAMURAI X) LIVE ACTION MOVIE REVIEW: WHY SO SERIOUS?


rurouni kenshin1

Siapa yang tidak mengenal karakter seorang Samurai Ronin bernama Kenshin Himura? Dahulu ia adalah seorang Samurai yang paling ditakuti dengan julukan Battosai si Pembantai. Karakter ini dikisahkan hidup di masa transisi keterbukaan Jepang pada dunia luar yakni pada era Meiji, Sang Samurai Legenda ini adalah karya Nobuhiro Watsuki yang baik manga maupun animenya amat sangat beyond success di seluruh belahan dunia. Terbit pertama kali pada Weekly Shonen Jump dari 2 September 1994 – 4 November 1999, manga ini meraih kesuksesan luar biasa dengan mendapatkan gelar sebagai MANGA TERBAIK pada banyak ajang, pun dengan animenya.

Di Indonesia sendiri Rurouni Kenshin bergentayangan dengan judul SAMURAI X, ya karena Sang Battosai memiliki tanda X pada pipinya. Kesuksesan tiada tara ini terus menerus membuat fans sejati Rurouni Kenshin menanti pembuatan Live Action Movienya dengan petisi-petisi maupun rumor-rumor yang menggunung mengenai akan dibuatnya Live Action Movie Sang Battosai. Hal ini menunjukkan ketidaksabaran dan harapan besar para immortal fans. Sempat beredar kabar kalau THE WEST akan mengambil alih proyek pembuatan Live Action Movie ini tapi gencarnya protes di Net meredam kabar itu. And in August 2012, Sang Samurai hadir di layar lebar, di hadapan semua fans yang telah menantinya sejak dulu kala…

And then here’s the review…

Tidaklah mudah memang bagi sineas perfilman mengadaptasi novel, cerpen, film lain yang tergolong sukses ataupun anime dan komik yang sudah melegenda ke layar lebar, faktor terpenting adalah penentuan casts dan skenario atau plot yang  tak sesuai. Kedua hal inilah yang seringkali dikritik habis-habisan oleh para kritikus film maupun moviegoers esp the immortal fans.

Sebelum membahas Casts-nya ada baiknya membahas skenario atau plot yang disajikan oleh Live Action Movie ini.

SCRIPT/PLOT

Opening scene yang mengetengahkan pertempuran pasukan pelindung Kyoto, Shinsengumi dan para samurai yang termasuk di dalamnya the legendary swordsman Battosai si Pembantai adalah sebuah epic yang menegangkan. Nama Battosai yang sering disebut membuat para penonton mencari-cari dimanakah sang legenda…kemunculan pertamanya juga merupakan sebuah epic yang memberikan efek goosebumps to the fans, bagaimana tidak Kenshin comes alive my friends…YEAH!!

rurounikenshin2

Mengambil “hampir” keseluruhan awal manga dan animenya, secara keseluruhan skenario dan plot film ini “tidaklah terlalu mengecewakan” karena memang ada sesuatu yang mengecewakan. Costume yang oke, the swordsplay, the hitenmitsurugi yang keren, the effect, dan ketegangan yang tertata apik menghiasi film ini,  sudah sewajarnyalah jika hal-hal tersebut di atas berkategorikan baik mengingat besarnya budget.

Tapi fans sejati Rurouni Kenshin pasti merasakan ada sesuatu yang salah dengan Live Action Movienya ini.

Dan kesalahan terletak pada..

CASTS AND CHARACTERS

Sederet nama aktor dan aktris terkenal Jepang membintangi film berbudget besar ini, namun sorotan utama adalah pada Takeru Sato yang berhasil lulus casting mendapatkan peran yang begitu didambakan oleh banyak aktor ternama lainnya.

Perawakan Sato yang kurus dan pengalaman beraktingnya sebagai salah seorang samurai dalam dorama Ryomaden mungkin adalah nilai plus baginya sehingga ia dengan sukses memerankan karakter yang dipuja banyak orang ini. Yup HE KILLED IT!! Sukses dalam hal penggambaran karakter secara fisik. Kelincahannya memainkan pedang dan kegarangannya pada opening film…fiuh that charisma…WOW ME!! dan pastinya berhasil pula membuat WOW para fans lainnya.

Sato memang memiliki akting yang memukau, dan tidak ada yang salah padanya hanya saja sisi karakter Kenshin yang lugu dan terlihat lucu sama sekali tidak terlihat di film ini padahal Sato handal memerankan karakter lugu dan lucu ini mengingat perannya di BECK. Perubahan karakter yang dilakukan oleh penulis skenario amat sangat mengecewakan, hal ini membuat tokoh Kenshin sama saja seperti tokoh-tokoh Samurai lainnya yang lebih dulu rilis, sama tegangnya sama seriusnya…WHY SO SERIOUS?? padahal justru keluguan dan kelucuan Kenshinlah yang menjadikannya unik.

Keseriusan ini ditunjukkan pula oleh tokoh Sanosuke Sagara yang diperankan oleh Munetaka Aoki, you gotta be kidding me right? Sanosuke adalah karakter yang playful!!

rurouni-kenshin-live-action-450x237

Not to mention pemilihan Emi Takei sebagai Kaoru dan Yu Aoi sebagai Megumi. Bintang baru Emi Takei yang masih muda tidak dapat menunjukkan kepintaran, kebijakan, kegarangan, keras kepala dan punya hobi marah-marahnya Kaoru. Takei berakting seperti anak SMA yang cari perhatian saja, seandainya Yui Aragaki yang memerankan tokoh Kaoru…ckckckck akting hebatnya Sato pasti akan terimbangi dengan akting kerennya Gakky yang tak terbantahkan. It would become DUET MAUT!!

And Megumi? Megumi yang sensual, dewasa dan mandiri seolah berbanding terbalik dengan Yu Aoi yang imut imut dan seperti ketakutan sepanjang film…

Love Relationship? JANGAN HARAP!! Dalam film ini boro boro terjalin benih chemistry yang berujung rasa simpati dan empati antara Sanosuke dan Megumi…antara Kenshin dan Kaorupun seperti HAMBAR, padahal we all know pada awal-awal episode inilah benih benih cinta itu seharusnya terlihat, begitu halnya dengan kecemburuan Kaoru pada Megumi…

Aksi penyelematan Kenshin untuk membebaskan Kaoru di ending  seolah menjadi “kewajiban” saja tanpa ada “rasa” yang mengikat mereka. Sungguh mengecewakan!!

However, IT’S BETTER THAN NOTHING right? sudah terlalu lama fans of Rurouni Kenshin menunggu…

Mengingat nama besar Kenshin Himura, Live Action Movie ini menjadi TOP BOX OFFICE di Jepang, Warner Bros mengambil hak pendistribusiannya dan rilis di berbagai belahan negara di dunia. Film inipun diputar di berbagai Festival Film Internasional, DVD, Merchandise, Manga dan Animenya kembali laris manis membuat Sang Samurai Legenda seolah hidup kembali. Demam Rurouni Kenshin merajalela~~

Hopefully jika memang akan ada SEKUELnya, the movie can do much better than the previous one…and let THE JOURNEY BEGINS…

rurouni-kenshin-live-action

8 Tanggapan

  1. […] RUROUNI KENSHIN (SAMURAI X) LIVE ACTION MOVIE REVIEW: WHY SO SERIOUS? Januari 20, 2013 […]

  2. gr8 movie but yep why so serious,,,
    cross finger 4 sequel

    • Hi thanks for givin comment

      Stay tune🙂

  3. Olalalalaallaa,, this is greatt,, real Ruroni kenshin >_<

    • yes yes yes…

      happy watchin then ~~😀

  4. I dont agree if Gakky become Kaoru!! Her acting is not really good.

    • Different people different taste howeva Gakky had won many awards and punya jam trbang lbh tinggi dr Takei Emi…
      Utk film sekelas Rurouni Kenshin i do really hope the producer think bout the casts really serious… hm

      • it’s better to find another one! Not Gakky or Emi😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: