MY TOP 5 JAPANESE SPORTS: OLAHRAGA-OLAHRAGA YANG NGETOP DI JEPANG!


Tu wa ga pat…
YOSH!!

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dengan berolahraga terutama bagi kesehatan…

Penduduk Jepang sangat terkenal dengan olahraga yang mereka lakukan setiap pagi yaitu “JALAN CEPAT” atau “LARI LARI KECIL”, mengejar bus, mengejar kereta api, ke sekolah, ke kantor dll, pemandangan ini bisa anda lihat terutama di Tokyo sehingga terkenallah istilah TOKYO RUSH HOUR.

Mungkin karena itulah menurut research, Jepang termasuk negara dengan penduduk yang berumur panjang.

Selain berjalan dan berlari setiap pagi ada beberapa olahraga yang menurut saya cukup terkenal di Jepang dan atau membuat Jepang jadi terkenal😉

Here it is THE TOP 5 JAPANESE SPORTS:

#5. KYUDO

image

Olahraga Panahan Jepang ini memiliki sejarah yang panjang, dimulai dari zaman pre-historic Jepang. Perubahan dalam masyarakat Jepang dengan adanya Military classes menjadikan banyak sekali dojo dojo yang mengajarkan kemampuan Panahan ini.

Panahan Jepang memiliki 3 unsur:

According to the Nippon Kyudo Federation the supreme goal of kyudo is the state of shin-zen-bi, roughly “truth-goodness-beauty”, which can be approximated as:

when archers shoot correctly (i.e. truthfully) with virtuous spirit and attitude toward all persons and all things which relate to kyudo (i.e. with goodness), beautiful shooting is realized naturally. (wikipedia)

Yang membedakan panahan Jepang dengan panahan biasa selain gaya memanah yang invented by the Japanese Archery Masters long time ago juga adalah pemakain baju tradisional Jepang seperti Hakama ketika latihan.

Sekolah sekolah Jepang biasanya memiliki Kyudo sebagai salah satu ekskul olahraga mereka.

#4. JUDO

image

Diperkenalkan pertama kali oleh Jigoro Kano yang pernah mempelajari Jujutsu, karena Jujutsu kurang mendapat peminat ketika jatuhnya era Shogunate, ia kemudian mengembangkan Judo.

Pada era Restorasi Meiji banyak guru guru yang mengajarkan jujutsu terpaksa berpindah pekerjaan, Kano malah mendirikan sekolah dan dojo.

Kano believed that “Jūjutsu” was insufficient to describe his art: although Jutsu means “art” or “means”, it implies a method consisting of a collection of physical techniques.

Accordingly, he changed the second character to dō, meaning way, road or path, which implies a more philosophical context than jutsu and has a common origin with the Chinese concept of tao. Thus Kano renamed it Judo. (wikipedia)

Judo sangat terkenal apalagi ketika olahraga ini masuk ke dalam jajaran yang diperlombakan dalam Olimpiade.

#3. SUMO

image

Olahraga gulat ini selalu diidentikkan dengan Jepang, dimana 2 pesumo bertarung dalam dohyo (wrestling ring).

Juga memiliki sejarah yang panjang dan memiliki seremoni yang khas sebelum bertanding. Seremoni itu dikaitkan dengan ritual Shinto.

Gaya hidup pesumo yang bertubuh tambun menyebabkan (menurut riset) umur seorang pesumo hanya sampai 60-65 saja. Mereka mengalami  diabetes, high blood pressure, and are prone to heart attacks. Selain itu pesumo yang alkoholik memperparah life expectancynya.

Nowadays mungkin karena hal di atas, banyak sudah pesumo pesumo yang kurus dan langsing.

#2. KENDO

image

Olahraga Kendo berasal dari Kenjutsu atau permainan pedang ala Samurai. Kendo sendiri berarti “Way of the Sword” dan termasuk dalam 3 keahlian yang mesti dikuasai oleh Military Classes pada zaman feodal Jepang, 2 lainnya adalah kemampuan berkuda dan Kyudo (panahan).

Kendo menggunakan pedang bambu dan kayu yang dinamakan Shinai dan Bokuto serta memakai protective armor equipment and traditional clothes.

Sekolah sekolah Jepang rata rata memiliki kendo sebagai ekskul mereka.

#1. YAKYU/ BASEBALL

image

“I wanna go to Koshien”

Kata kata ini seringkali terus ada dalam manga berbau sports dan dorama maupun movies bikinan Jepang.

Olahraga ini diperkenalkan pertama kali oleh Horrace Wilson yang pernah mengajar di Kaisei, sebuah sekolah di Jepang dan merupakan satu satunya olahraga “western” dalam daftar ini.

Klub baseball yang pertama kali terbentuk adalah Shimbashi Athletic Club yang didirikan oleh Hiraoka, seorang siswa yang pernah belajar di Amerika. Sekarang ada banyak klub baseball profesional Jepang yang bertanding di National League.

Olahraga inipun menjadi amat sangat terkenal di Jepang dan memiliki liga profesional seperti di Amerika. Olahraga ini juga merasuk pada siswa siswa di sekolah sekolah Jepang dengan adanya Kejuaraan liga baseball SMA Jepang yang dikenal dengan sebutan Koshien.

image

Koshien diselenggarakan di stadion baseball, salah satu yang terkenal dan bersejarah adalah Henshin Koshien Stadium yang pernah disinggahi oleh legenda baseball dunia BABE RUTH, bahkan untuk menghormati sang legenda di stadion ini terdapat plakat Babe Ruth.

Every Summer and Spring ketika Koshien diselenggarakan selalu mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat Jepang. Pertandingan yang disiarkan di tv lokal maupun nasional selalu pula mendapatkan rating yang tinggi.

Situs cnngo.com pun menggelari KOSHIEN AS THE MOST EMOTIONAL SPORT’S TOURNAMENT IN THE WORLD.

Manga tentang Koshien yang paling saya sukai adalah “3rd Base 4th” karya AOYAMA GOSHO, yang juga menelurkan DETECTIVE CONAN.

image

Manga yang pernah diterbitkan Elex Gramedia Indonesia ini bercerita tentang Shigeo, siswa SMA yang juga seorang batter pada klub baseball sekolahnya yang membeli a magical bat yang diyakini pernah digunakan oleh legenda baseball, Babe Ruth. Dengan bat ini ia yang termasuk “payah” menjadi hebat dengan pukulan pukulan HOME RUNnya.

Dari manga inilah saya jadi “ngeh” dengan dunia baseball Jepang selain itu manga ini juga menceritakan tentang Babe Ruth yang dianggap sebagai dewa baseball dunia.

Masyarakat Jepang memang terkenal menganggap serius setiap kegiatan yang mereka lakukan, selalu saja ada filosofi dan nilai seni dibalik kegiatan itu, begitupun juga dengan olahraga😉

Okay let’s do SPORTS minna…Ganbare😀

Tu wa ga pat… YOSH!!

10 Tanggapan

  1. Tu wa ga pat YOSH!!😀

    onee-chan (^_^)/ *sok akrab*

    akhirnya memberanikan diri untk komen disini.. ~(^o^)~
    btw bs req ngk ? *memelas*

    berkat ni blog aku tambah wawasan tentang JDRAMA.. arigato *bow*

    • Hi Kyu, I’m glad u r here n share ur comments…shiawase

      Boleh, u can call me onee chan if u like😉

      Request? Okeh, boleh duuunk ditampung dulu ya aspirasinya hehe ngerasa kayak anggota DPR aj, mau request ap?

      Wah doitashimashite, i’m happy klo blog ini ad gunanya, jd semangat nulis deh…*bow back*

      stay tune ya for the latest posts😉

  2. Atlit besbol jpg cakep ga yah?

    Liat putu entuh keknya cakep tuh ya xoxoxoxoxo😛

  3. Atlit besbol di pitu itu keknya cakeeeeep

    xoxoxoxo

    • Hi fatma dah lama ga ngasih komen nih hehehe domo ne for visitin n sharin cmnts here

      hehhe cakep, cantik relatif siiih😉

      tp saya setuju deh klo atlit besbol yg ad potony disini cakeeep hehe

  4. […] MY TOP 5 JAPANESE SPORTS: OLAHRAGA-OLAHRAGA YANG NGETOP DI JEPANG! […]

  5. […] bahkan berada di pertandingan baseball guys!! ckckckck Japanese people love Sadako that very […]

  6. Nice post!!

    • Thanku

  7. Udah nntn anime cross game blom min?? Itu the best manga ever klo soal baseball. Pecaah!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: