OPERATION PROPOSAL (PROPOSAL DAISAKUSEN VERSI KOREA): IT’S NOT A ROMANTIC COMEDY DRAMA, IT’S A MELLODRAMA!!


image

Kembali!
Negeri ginseng, Korea Selatan me-remake dorama Jepang!!

Masih segar dalam ingatan bagaimana Yamapi (Yamashita Tomohisa) yang mengarungi waktu demi memperbaiki hubungannya dengan Masami Nagasawa, ia pergi dengan kalimat sakti “Haleluya Chance” pada pesta pernikahan gadis yang ia cintai itu.

image

Ya, itulah sepenggal kisah PROPOSAL DAISAKUSEN tahun 2007 yang dianggap sebagai salah satu dorama terbaik mantan anggota NEWS itu.

Ceritapun mengalami penyesuaian…
Baek Ho dan Yi Seul adalah teman sejak kecil, mereka selalu bersama samapi akhirnya Yi Seul akan menikahi mantan guru SMA mereka, Jin Won.

Baek Ho kemudian menemukan surat Yi Seul yang tidak pernah dikirimkannya pada Baek Ho. Isi surat itu mengatakan kalau Baek Ho selalu akan menjadi the most important and the most special person for her.

Di pesta pernikahan Yi Seul, Baek Ho menyesali semua yang pernah terjadi di masa lalu ketika mereka masih bersama. Seorang pria yang mengaku bisa mengulang waktu menawarkan kesempatan pada Baek Ho untuk memperbaikinya.

Baek Ho kemudian melihat foto foto kenangan mereka di masa lalu dan meminum cairan yang diberikan oleh pria itu…then HE TRAVELS THROUGH TIME…

Yamapi versi Korea diperankan oleh Yoo Seung Ho sedangkan peran Manami Nagasawa digantikan oleh Park Eun Bin. Extended Cast mantan guru SMA yang di Jepang diperankan oleh Naohito Fujiki diperankan oleh Lee Hyeon Jin.

Mau tidak mau sebuah karya adaptasi pasti kan dibandingkan dengan versi originalnya…

LET’S GET STARTED!!

Berbeda dengan PROPOSAL DAISAKUSEN yang terkesan lebih condong ke ROMANTIC COMEDY, versi Koreanya mengharu biru ala MELLODRAMA!!

image

Peran Yamapi sebagai Ken di PROPOSAL DAISAKUSEN yang fun, playful, spoiled, tidak tegas tapi juga tidak kehilangan sisi maskulinitasnya seolah tidak terpotret dalam karakter Baek Ho yang diperankan oleh Yoo Seung Ho.

Yoo Seung Ho yang berumur 18 tahun ini sukses memerankan sosok yang jauuuuuuuuh berbeda dari versi Jepangnya. Ia cute, sangaaaaaaat cute malah dan Owh Man!! Air matanya bercucuraaaaaaan dengan deras!!!

image

Tokoh Yi Seul yang diperankan Park Eun Bin layaknya karakter wanita di Korean Drama kebanyakan…Sudah menderita tersiksa pulak perasaannya…

Waduuuh waduuuh SINETRON banget yak!!

While Rei played by Masami Nagasawa, jauh dari kesan yang menderita “sangat” seperti itu.

Moreover peran Jin Won oleh Lee Hyeon Jin terlalu cool!! Berbeda sekali dengan  karakter yang Naohito Fujiki perankan dalam versi Jepang. Naohito Fujiki’s role begitu bersahaja, ramah, tapi juga kaku dan naif…

He is so lovable bahkan banyak fans PROPOSAL DAISAKUSEN lebih mengharapkan sosok Rei yang diperankan Masami Nagasawa menikah saja dengan mantan guru SMA nya itu. Justru scene dimana Naohito Fujiki merelakan pengantinnya pergi adalah scene yang paling mengharukan!!

Bagaimana Naohito Fujiki merasuk ke hati tiap fans dorama itulah yang tidak dimiliki oleh Lee Hyeon Jin. Hyeon Jin terkesan berdiri sebagai the antagonis role yang menghalang halangi cinta Seung Ho dan Eun Bin!!

Lagi lagi Korea mengadaptasi dorama Jepang dengan pendramatisiran karakter yang berlebihan!!

Jumlah episode yang lebih banyak daripada versi Jepangnya membuat drama Korea ini semakin lebay alias bertele tele!!

Jepang memang terkenal dengan ONE SHOT EPISODE dalam kebanyakan dorama mereka termasuk juga dengan dorama PROPOSAL DAISAKUSEN.

Naah sedangkan Most of Korean Dramas always sticks with the CLIFF HANGER alias EPISODE MENGGANTUNG ala SINETRON!! Hal inilah yang selalu menjadikan jumlah episode Korean Drama lebih banyak daripada Jepang.

Bagi die hard fans PROPOSAL DAISAKUSEN dan dorama Jepang dengan plot cepat yang tertata apik tentunya sangat menyanyangkan hasil remake-nya ini.

Okeh…tidak berarti bahwa versi Korea ini jelek dan tidak layak tonton looh.

Terlepas dari bahwa drama ini adalah sebuah remake dorama Jepang. Emosi yang ditampilkan oleh Yoo Seung Ho cukup menaruh simpati. Cowok yang tumbuh dengan cute-nya ini mungkin bisa disebut sebagai medan magnet penarik penonton apalagi penonton cewek.

image

Mungkin sudah tipikal masyarakat Korea yang menyukai cerita mengharu biru dengan tangisan yang dilakukan oleh PEMERAN PRIA untuk mempertahankan cinta seorang wanita sehingga di drama dengan genre ROMANTIC COMEDY pun selalu saja ada scene scene penuh haru dimana pemeran utama pria menyembah nyembah seolah tidak bisa hidup without that particular woman yang jadi peran utama.

So, for you readers yang menyukai cowok cute di tipi menangis mengharapkan cinta seorang wanita well I guess this drama layak buat kalian tonton.

Selamat Menangis, siapin tisu yaaa😉

Sebagai perbandingan berikut the original dorama, PROPOSAL DAISAKUSEN:

8 Tanggapan

  1. no offence. remake-nya bnr2 mengecewakan upss!!
    aku sih ngk lht yg ver. korea😀 cuz dari cast-nya udh gmn gitu..
    sekali2 post perbedaan Jdrama VS Kdrama tp sebisa mungkin netral.
    aku panggil penghuni blog ini apa ya ?? ^^v

    • Kyu, yoroshiku..
      nice havin u here… Shiawase ne😉

      Seringkali baik Japan or Korea yg meremake dorama/movie slalu ad perbedaan yg dibahas…dan remake2 itu sdh banyak pula diposting di blog ini maupun di blog sebelah http://boutasia.wordpress.com🙂

      Bukan hanya Kyu yg punya pendapat begitu, most people who love Proposal Daisakusen kecewa dg vers. Koreany, selain jmlh epiny (16) jg perubahan karakter yg massive, kelecewan dorama fans ini banyak dibahas di forum2 internet kayak d addicts etc

      waah mo di panggil ap y? hm…hajimemashite momochan desu😉

  2. aku dah nonton proposal daisakusen yg pemainnya yamapi itu,,,,hahhaa bagus aku suka miss,,,kalo korea belom,,,hmmm kayaknya dari komen2 diatas bnyak g suka,,,

    • hi enny nice seein u here again…
      iya soale versi original yg jepang formatnya msh komedi romantis eh giliran di remake Korea jadi sediiih gitu, u konowlah hehe

  3. versi korea jd lebih mendekati sinetron Indo..you know lah sinetron kita kyak gimana, capede

    • Hai nice havin u here😉

      hahahhahahaha yes u got it rait my fren…

  4. Aku fans drakor n dorama, tapi baru nonton yg versi korea karna ada seungho. emg ngefans ama dia dr jaman God of Study sih, aktingnya bagus😀

    Setuju sama kalimat ini “..sebagai medan magnet penarik penonton apalagi penonton cewek.”
    Nonton OP berasa nonton sinet, terlalu bertele-tele ampe hampir slalu diforward kalo ga ada seunghonya, bosenin banget padahal bagus jalan ceritanya -_-
    Temen2 sekolah jg pada bertahan nonton OP karna seungho. ROFL

    Skarang lagi dalam proses donlot versi jepangnya nih. semoga emang much better than the korean version kayak yang kebanyakan orang bilang.

    • Hai nice havin u here yoroshiku ne😉

      Korean drama review etc u can visit http://boutasia.wordpress.com

      Silakan ditonton dlu ya versi originalnya en share ur opinions again…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: