NODAME CANTABILE : ALL ABOUT THE TV SERIES AND MOVIES REVIEW



Gyabo!!~~ Mukya!!~~
adalah teriakan dari seorang mahasiswi jurusan piano di Universitas Musik Momogaoka, Megumi Noda atau biasa dipanggil NODAME, dia jatuh hati dengan kakak tingkatnya (Senpai), Chiaki Shinichi. Perjalanan cinta merekalah yang sebenarnya menjadi fokus utama MANGA, ANIME, TV SERIES dan MOVIE yang berjudul NODAME CANTABILE.


Gyabo!!~~ Mukya!!~~
Karena Nodamelah saya jadi JATUH CINTA dengan MUSIK KLASIK.
Sejauh ini ada 2 Seri dan 2 Film yang berkaitan dengan Nodame Cantabile:
  1. Nodame Cantabile (Fuji TV / 2006)
  2. Nodame Cantabile in Europe (Fuji TV / 2008)
  3. Nodame Cantabile: The Final Score – Part I | Nodame Kantabire saishu gakusho – Zenpen (2009)
  4. Nodame Cantabile: The Final Score – Part II | Nodame Kantabire saishu gakusho – Gopen (2010)
TV SERIES

CAST :
Ueno Juri
(Noda Megumi)
Tamaki Hiroshi (Chiaki Shinichi)
Eita (Mine Ryuutarou)
Koide Keisuke (Okuyama Masumi)
Takenaka Naoto (Franz Stresemann)
Toyohara Kousuke (Etou Kozou)
Nishimura Masahiko (Tanioka Hajime)
Mizukawa Asami (Miki Kiyora)
Uehara Misa (Tagaya Saiko)
Saeko (Sakura Saku)

NODAME CANTABILE LIVE ACTION DRAMA (11 epi)


Drama Nodame Cantabile diangkat dari manga berjudul sama terbitan Kodansha karya Ninomiya Tomoko. Drama sepanjang 11 episode ini diudarakan oleh Fuji TV setiap Senin jam 9 malam mulai 16 Oktober dan berakhir tanggal 25 Desember 2006.
Setiap episode dibuka dengan Symphony No. 7 in A major karya Beethoven dan ditutup oleh Rhapsody in Blue karya George Gershwin, yang diaransemen oleh Hattori Takayuki yang diserahi tugas mengurus musik untuk drama ini.
Disutradarai oleh Takeuchi Hideki (Densha Otoko, Dekichatta Kekkon, Kami – sama Mou Sukoshi Dake) dan Kawamura Yasuhiro, naskah ditulis oleh  Etou Rin (Slow Dance, Tokyo Friends). Drama ini mempunyai grup orkestra khusus bernama Nodame Orchestra yang dipilih dari seleksi ketat, grup orkestra ini juga dilibatkan dalam Nodame anime.

Atas: Nodame Cantabile versi Live Action Drama
Bawah: Nodame Cantabile versi Anime

Drama Nodame memperoleh sambutan luas dari berbagai pihak, termasuk penggemar musik klasik yang senang karena seri ini memperkenalkan musik klasik pada kalangan awam, tidak heran Nodame disponsori oleh Yamaha, bahkan majalah musik klasik mengeluarkan edisi khusus Nodame Cantabile.
Drama ini memperoleh 5 penghargaan dari 51st Television Drama Academy Awards untuk kategori Best Drama, Best Actress, Best Director, Best Musical Arrangement, dan Best Opening. Sudah dirilis 6 cd yang berkaitan dengan drama ini, yaitu Nodame Cantabile OST, Nodame Cantabile Best 100, Nodame Orchestra Live,  Nodame Cantabile Character Selection – Milch to Nakamatachi,  Nodame Cantabile Character Selection – Nodame, dan Nodame Cantabile Character Selection – Chiaki.

Manga/Komik Nodame Cantabile yang menjadi pemenang
Kodansha Manga of the Year Award

Cukup banyak perbedaan dengan versi manga, tapi tidak mengganggu jalan cerita secara keseluruhan. Drama berakhir sampai manga volume 9, yaitu ketika Chiaki mengadakan konser terakhir dengan Rising Star Orchestra. (Animon magz)

NODAME CANTABILE IN EUROPE LIVE ACTION DRAMA (2 epi)

2 episode khusus ini menceritakan tentang Chiaki dan Nodame setelah  kelulusan mereka, di mana Chiaki-senpai dan Nodame berangkat ke Eropa.


Mengisahkan tentang impian Chiaki untuk menjadi konduktor, dan di sisi lain Nodame mengikuti konservatorium untuk mencapai impiannya bermain piano dan agar dia dapat SATU PANGGUNG dengan Chiaki suatu hari nanti. Setelah kerja kerasnya, Nodame diberi kesempatan untuk memiliki resital mini. Selama pertunjukan, Chiaki melihat dan menyadari bahwa dia tidak bisa hidup tanpa Nodame.

Salah satu SCENE dalam Nodame Cantabile Live Action Drama 2006
Untuk pertamakalinya Nodame menyadari keberadaan Chiaki~






Preview on Nodame Cantabile Dorama 2006


MOVIES

CAST :
Ueno Juri
(Noda Megumi)
Tamaki Hiroshi (Chiaki Shinichi)
Eita (Mine Ryuutarou)
Mizukawa Asami (Miki Kiyora)
Koide Keisuke (Okuyama Masumi)
Takenaka Naoto (Franz Stresemann)
Eiji Wentz (Frank)
Yu Yamada (Son Rui)

Nodame Cantabile: The Final Score – Part I

Poster Nodame Cantabile The Movie Part I di Shibuya, Jepang

Chiaki Shinichi yang memenangkan Kompetisi Musik Internasional Platini kemudian menjadi konduktor orkestra baru untuk Le Marlet Orchestra. Sementara itu, Nodame (Juri Ueno) menyiapkan diri untuk ujian kelulusan di sekolah musiknya. Merekapun juga saling bertukar kunci APARTEMEN, dan “TINGGAL BERSAMA”.


Preview on Nodame Cantabile The Movie Part I



Nodame Cantabile: The Final Score – Part II

Demi mempersiapkan pertunjukan bersama orkestra yang dikonduktorinya, Chiaki memutuskan berpisah dari Nodame untuk sementara waktu. Nodame yang merasa resah kemudian meminta Chiaki untuk MENIKAHINYA.
Dalam Part II ini impian Nodame untuk berada di SATU PANGGUNG dengan Chiakipun terwujud.


WHAT YOU SHOULD KNOW

Shinichi Chiaki~~tidak hanya bisa bermain PIANO tapi juga menguasai permainan BIOLA

Syuting ke dua film Nodame Cantabile ini berlangsung di lima negara berbeda: Jepang, Perancis, Austria, Slowakia, dan Republik Ceko.
Manga/Komik Nodame Cantabile didasarkan pada kehidupan nyata seseorang yang bernama Megumi Noda, mahasiswi perguruan tinggi musik yang sekarang menjadi guru piano di Fukuoka.
PERFECT CAST~Ueno Juri dan Tamaki Hiroshi

Yang sangat disayangkan menurut saya adalah Story Line dalam movie part II justru seperti kehilangan pesonanya. Hal ini dikarenakan tema dan topik ceritanya yang SAMA dengan tema seri versi eropa dan berlanjut ke movie part I-nya yaitu “tentang keinginan Nodame untuk satu panggung dengan Chiaki mendapat ganjalan karena ada Son Rui”  terulang kembali dalam movie part II ini sehingga agak sedikit membosankan bagi saya, selain itu filmpun berakhir dengan penyelesaian yang MENGGANTUNG.
Parahnya lagi di movie part II sepertinya sutradara mencari cara untuk memenuhi SLOT film yang berdurasi 2 jam dengan beberapa adegan yang terlihat frozen serta karakter baru yang sengaja ditampilkan (demi mengisi SLOT) tapi kemudian karakter itu tidak jelas berakhir bagaimana.
Artikel dalam salah satu majalah Jepang mengenai
Nodame Cantabile The Movie Part II

Alangkah baiknya jika ke dua film ini dibuat saja dalam bentuk TV Series yang dibagi dalam beberapa SEASON, sesuai dengan cerita manga-nya. Selain scriptnya akan tertata rapi, semua karakter pun dapat berkembang dengan baik seperti halnya pada versi TV SERIES.
Apakah akan ada NODAME CANTABILE THE MOVIE PART III??
Mengacu pada ending yang menggantung di The Movie Part II-nya, saya sangat berharap dan sepertinya kemungkinan besar akan ada Part III dari film ini.
Let’s wait and see then ^^

That’s all folks, share peace and love for the world ya
pernah di post di blog saya “Asian entertainment News” SNIPER ON THE ROOF

By Reny Momochan ^^

17 Tanggapan

  1. like ths series very much,,thankz for the post,,..chiaki senpaaaai chuuu ><

  2. arigatou for comment ^^

  3. BAGUS POSTINGANNYA ^______________^

  4. MAKASIH ^^

  5. nodame is in my listgenrenya romantic comedy miss y?hahh.. juri-san itu favorit oppa saia miss.. Jung Yong Hwa

  6. Langit unTuk bHumi>benar sekali…sangat sangat komikal ni film tp sebelum nnton filmnya sangat disarankan dimulai dari TV seriesnya soalnya tar feelnya ga dapet n critanya ga nyambung…perjuangan nodame untuk bersama dgn chiaki dimulai dari Tv Series..

  7. […] menonton Nodame Cantabile, Ueno Juri kemudian menjadi salah satu aktris Jepang favorit saya, setelah itu sayapun hunting […]

  8. […] ini disutradarai oleh TAKEUCHI HIDEKI yang juga menyutradarai dorama RATING TINGGI, NODAME CANTABILE dan NODAME CANTABILE SP. Seperti yang diharapkan, Dorama ini memang SUKSES, semua karakter […]

  9. […] Karena Tamaki adalah pria blasteran, mungkin yang paling cocok memerankannya adalah teman band-nya Koike Teppei di WaT, EIJI WENTZ, yang juga berperan sebagai orang Perancis di Nodame Cantabile. […]

  10. […] I was there i saw NHK’s GOU, the historical dorama played by my fave actress, Ueno Juri from Nodame Cantabile and Swing Girls. So I search the net and find this news: Ueno portrays the main character, […]

  11. […] menjadi pria abusive, sedangkan Ueno Juri yang berperan feminin, cute with comical appearance dalam NODAME CANTABILE menjadi tomboyish girl with Gender Identity Disorder….SUPERB […]

  12. […] menunjukkan tajinya pada Klan Taira, ia bersahabat dan bekerjasama dengan Minamoto no Yoshitomo (Tamaki Hiroshi), Klan Minamoto adalah salah satu klan yang sangat berpengaruh, later Yoshitomo’s son, […]

  13. […] kali melihat Seiji dalam Nodame Cantabile, I can feel that this guy is a good actor too, yang paling menarik adalah melihatnya bermain dalam […]

  14. […] responsible yup semua fans Jejepangan pasti mengingat peran Massivenya sebagai Chiaki sama dalam Nodame Cantabile. Aktris Misa Uehara yang menjadi pemanis film ini juga berpasangan dengan Tamaki dalam Nodame […]

  15. Gyaboo… Nodame Cantabile is my favorite dorama ever!!
    Entah udah berapa kali nontonnya nggak bosan2 dan selalu ngakak terus apalagi kalo udah liat adegan berantem Nodame dan Masumi di episode2 awal😀
    And of course, Tamaki-kun… making me nosebleed all the time😉

    • Watashimo………kyaaaaaaaaaa
      Nodame fans totally r welcm here

      Kyaaaa Kyaaaa

      • sis… tukaran link blog yuk..
        blog saya >> http://doramarebyu.blogspot.com/

        agak2 diintip dan komen ya di blog saya yang biasa2 aja itu😀

        arigatou nee..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: