MY TOP 5 BEST DETECTIVES FROM COMICS COMES ALIVE IN LIVE ACTION MOVIES!!


Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata Detective??


– Sosok yang genius dan akan melakukan apapun untuk memecahkan suatu kasus agar segera menangkap para penjahat walaupun itu harus mengorbankan nyawanya sendiri-


Detective di daftar ini memang bukan detective sebenarnya, mereka hanya ada di komik namun mereka kemudian jadi nyata dan hidup dalam movie atau dorama buatan Jepang (live action)…Nama merekapun mendunia dan memiliki fans-fans tersendiri…siapakah mereka? adakah yang jadi favoritmu?




#5. KINDAICHI SHONEN NO JIKENBO





Menceritakan tentang seorang siswa SMA, Hajime Kindaichi yang adalah seorang cucu detektif terkenal, Kosuke Kindaichi. Dia kemudian seringkali membantu polisi memecahkan kasus-kasus sulit. Seringkali kasus-kasus yang dipecahkan oleh Kindaichi berhubungan dengan hal-hal mistis dan takhayul yang pada kenyataanya berisi kebohongan manusia untuk menutupi kejahatannya.


Played by Tsuyoshi Domoto (season 1’s 1995, season 2’s 1996 and Kindaichi’s Shanghai Mermaid Legend Murder Case Live Action Movie in 1997)



Komik ini kemudian dibuat ANIME sebanyak 148 episode plus 1 episode spesial yang diproduksi oleh Toei Animation dan tayang di Jepang sekitaran tahun 1997-2000. Anime inipun pernah ditayangkan di salah satu TV swasta di Indonesia.

Kindaichi’s Season 3 played by Matsumoto Jun in 2001


Tahun 1995, Domoto Tsuyoshi dari grup pop idol, Kinki Kids, memerankan Kindaichi dalam DORAMA season 1 dan 2, juga tahun 1997 bermain dalam live action movienya.  Matsumoto Jun dari Arashi kemudian menggantikan posisi Domoto di Kindaichi dorama season 3 tahun 2001.

Kamenashi Kazuya in Kindaichi Special : The Legendary Vampire Murder, 2005



Anggota grup KAT-TUN, (diberitakan KAT-TUN menghilangkan huruf “A” dalam nama grup mereka setelah Akanishi Jin keluar!) Kamenashi Kazuya kemudian memerankan Kindaichi pada episode Special mengenai kasus pembunuhan yang dilakukan oleh vampire!


Di tahun 2009 lalu, 7 kasus Kindaichi dibuat dalam bentuk Video Games produksi Sega, Playstation, Game Boy dan Nintendo.


#4. TANTEI GAKUEN Q




Komik ini bercerita tentang Grup Detektif yang berasal dari Sekolah Detektif yang dipimpin oleh Morihiko Dan. Pemeran utama pada komik ini bernama Kyu Renjo, seorang anak Kelas 3 SMP. Selain Kyu ada beberapa orang lainnya, di antaranya Megumi Minami, Kintaro Toyama, Kazuma Narusawa dan Ryu Amakusa.



Cerita berkisar di seputar aktivitas mereka sehari-hari di sekitar sekolah, pemecahan kasus serta konflik dengan organisasi kriminal bernama Meiosei. (sumber: net)

Selain dibuat ANIME, yang juga pernah ditayangkan di salah satu TV swasta Indonesia, kisah para detektif kelas Q di DDS ini juga dibuat versi live actionnya tahun 2007 lalu dan salah satu bintangnya adalah Yamada Ryusuke dari trio NYC, sebagai Ryu.

ehm…yang jadi Kyu (Kamiki Ryunosuke) kayakna mirip Miura Haruma waktu kecil yah…hehe


#3. Q.E.D

Q.E.D atau Quod Erat Demonstratum yang berarti “what was to be demonstrated”. The phrase is traditionally placed in its abbreviated form at the end of a mathematical proof or philosophical argument when what was specified in the enunciation — and in the setting-out — has been exactly restated as the conclusion of the demonstration.The abbreviation thus signals the completion of the proof. (ensiklopedia wikiped)









Bercerita tentang So Toma, seorang anak remaja yang memilih bersekolah di SMA di jepang walaupun sudah berkuliah di MIT (salah satu Universitas bergengsi di Amerika). Di sekolah tersebut, Toma bertemu dengan Mizuhara, teman sekelasnya yang merupakan putri dari seorang inspektur polisi.



Toma adalah anak yang pendiam dan suka menyendiri di atap sekolahnya. Sementara Mizuhara adalah tipe gadis yang lincah, cerewet, suka menang sendiri.
Cerita dimulai ketika ayah teman mereka tewas terbunuh di kantornya. Mizuhara memaksa Toma untuk membantu memecahkan kasus tersebut dengan kejeniusannya.




Live Actionnya rilis tahun lalu (2009), dengan cast : So Toma (Nakamura Aoi) dan Mizuhara ( Ai Takahashi). Alur cerita dorama ini memang sedikit lambat namun kasus kasus yang menarik dan akting yang lumayan ok dari dua pemeran utamanya cukup menarik perhatian penonton.


#2. DETECTIVE CONAN



Yup…tidak ada yang tidak tahu detektif ciptaan Gosho Aoyama ini. Adalah Shinichi Kudo, seorang detektif SMA berusia 17 tahun yang biasanya membantu polisi memecahkan kasus, diserang oleh 2 anggota sindikat misterius ketika mengawasi sebuah pemerasan. Dia kemudian diberi minum racun misterius yang baru selesai dikembangkan yang ditujukan untuk membunuhnya, namun karena sebuah efek samping yang jarang terjadi yang tidak diketahui anggota sindikat tersebut, racun tersebut mengakibatkan tubuhnya mengecil seperti bocah berusia tujuh tahun setelah mereka meninggalkannya.



Untuk menyembunyikan identitasnya dan untuk menginvestigasi keadaan sindikat tersebut, yang selanjutnya dikenal dengan nama Organisasi berbaju Hitam atau Organisasi Hitam, dia menyamarkan namanya menjadi Conan Edogawa. Untuk mencari jejak sindikat tersebut, dia tinggal bersama dengan teman sejak kecilnya yang bernama Ran Mouri, yang ayahnya, Kogoro Mouri, merupakan seorang detektif swasta. (wiki)





Versi ANIME komik ini yang juga tayang di Salah satu TV swasta Indonesia yang semakin membuat popularitas sang detektif mendunia, tak kurang dari beberapa judul kasusnya  kemudian dibuat dalam bentuk film, lalu menyusul di tahun 2006 dan 2007 versi LIVE ACTION-nya yang dibintangi Oguri Shun, actor turns director in Surely Someday.

Shinichi Kudo dan Ran Mori versi Live Action



Karena popularitas yang tinggi, beberapa lembaga pemerintah Jepang telah menggunakan seri ini untuk mempromosikan kebijakan-kebijakan pemerintah seperti untuk memperkenalkan Konferensi Tingkat Tinggi G8 ke-34 dan digunakan untuk mempromosikan memerangi kejahatan umum.(wiki)



Pada tahun 2001, manga Detektif Conan memenangkan Penghargaan Manga Shogakukan ke-46 untuk kategori shōnen.



Saking bangganya pemerintah disana dengan mendunianya tokoh detektif dari komik ini, patung Shinichi Kudo, Conan Edogawa, dan Ran Mouri dapat ditemukan di Hokuei, Prefektur Tottori, Jepang, kota kelahiran Aoyama Gosho, pengarang Detektif Conan.


#1. DEATH NOTE

Bagaimana jika ternyata seorang detektif menghadapi kasus pembunuhan yang pembunuhnya dapat membunuh orang lain tanpa menyentuh korbannya? Adakah detektif  yang dapat membongkar kasus seperti itu? Seperti apakah dia?

atas: L in ANIME, bawah: L in LIVE ACTION



Jawabnya adalah “L” (initial for Lawliet) yang rela mengorbankan nyawanya sendiri demi tuntasnya kasus pembunuhan para kriminal dan banyak anggota FBI itu.


Komik dan Anime Death Note menceritakan tentang Yagami Raito, siswa genius yang tidak menyukai ketidakadilan kemudian menemukan buku Deathnote milik Dewa Kematian/ Shinigami Ryuk, jika nama orang ditulis di buku itu maka orang itu akan MATI, Yagami kemudian menyebut dirinya KIRA (japanese pronunciation dari KILLER) dan membunuh para kriminal dan berencana membentuk sebuah DUNIA BARU dengan dirinya sebagai penentu kematian manusia. Detektif Genius, L yang menyukai makanan manis ini kemudian berusaha menghentikan KIRA, namun kemudian harus mengorbankan nyawanya dan N (initial for Near) akhirnya yang dapat menyelesaikan kasus pembunuhan itu setelah kematian L.

KIRA dan L dalam ANIME



Versi Live Action-nya dibintangi oleh 2 aktor papan atas Jepang, Tatsuya Fujiwara sebagai KIRA dan Kenichi Matsuyama sebagai L.



Berlainan dengan anime dan komiknya, dalam versi Live Action yang terbagi 2 ini, plus 1 only about L, menceritakan tentang DUEL kegeniusan KIRA dan L, dimana dalam Death Note: The Last Name, Kira akhirnya dapat dikalahkan oleh L, banyak tokoh dan peristiwa yang ada di komik maupun di anime tidak dimunculkan. N atau Near kemudian muncul dalam versi L Change The World, bercerita tentang usaha L membongkar kasus teroris sebelum hari kematiannya dan N kemudian menjadi penggantinya. (somehow i really like the live action version better than the comic and the anime….)

Death Note The Last Name’s Premiere. Terlihat para fans membawa Apel sebagai simbol KIRA dan Permen sebagai simbol L…hayooo banyakan yang mana fansnya???



Prestasi versi Live Action komik ini benar benar outstanding, Death Note, Death Note: The Last Name dan L Change the World pernah menduduki No. 1 Box Office di Jepang, kemudian rilis di banyak negara Asia termasuk negara tetangga kita, Malaysia dan Singapore kemudian rilis juga di Amerika dan Inggris. Karena mendapat sambutan yang bagus, pihak Warner Bros membeli copyrights distribusi atas film ini berikut lisensi movie remake-nya.



Saking topnya film ini, beberapa orang menggunakan nama KIRA untuk melakukan pembunuhan (liat postingan saya di DEATHNOTE AND BATTLE ROYALE : DUA FILM TERBAIK TATSUYA FUJIWARA YANG MENGINSPIRASI KASUS PEMBUNUHAN).

Mungkin penjahatnya berharap Detektif nyentrik seperti L akan benar-benar muncul kali yaa…

Santer diberitakan kalau Hollywood akan melakukan REMAKE atas film ini dan Zac Efron from High School Musical and 17 Again sebagai bintang utamanya (belum ada berita dia akan memerankan Kira atau L)..what do ya think?

That’s All folks…leave your comments here ^^

Share Peace and Love for the world by mochan



16 Tanggapan

  1. i lv shinichi

    • i love shinichi + conan, what about you???

      • i love them all…..n i’ve watched them all😀

        how bout u sakura? hv watched Kindaichi or Q.E.D before?

        btw thanks for comment here, lam kenal🙂

  2. suka L banget🙂

  3. to all>arigatou bearti seneng juga sama yg ngepostnya kan hehe ^^ thankz for comment

  4. laik dis…….

    • 🙂 sankyu…

  5. Conan & L favorit ku…🙂

    • i like them all🙂

      sankyu for comment here

  6. […] mereka berdua ada nama Kanae Han dan Aoi Nakamura ( BECK and Q.E.D […]

  7. I very liked the role of a detective.

    • me too😀

  8. […] Horikita Maki sebagai Ashiya Mizuki. Sedangkan peran Sano Izumi jatuh kepada Nakamura Aoi (BECK, Q.E.D) dan the foolish Nakatsu kan diperankan oleh Miura Shohei (Tumbling). Untuk OST nya AKAB48 kan […]

  9. […] Satomi Ishihara (Oba’s wife, Yoshiko) pun tak kalah pamor, dia pernah bermain di Hidarime Tantei Eye berpasangan dengan Hey! Say! Jump’s member, Yamada Ryosuke , tapi perannya di THE INCITE […]

  10. klo detektif gw msh plg suka Conan lah.. kindaichi cm pernah ntn yg kame, DDS, QED gk bgtu bgs ceritanya ^^

    yg plg keren Death Note lah..

    Ren trailer kaiji 2 udah ad d youtube ya, ad yuriko yoshitaka jg. akhir2 ini gw liat mukanya trus. sjak Tokyo Dogs dia populer bgt

    oh y, udah tau blm ren klo yamapi sm ryo kluar dr NEWS, pdhl gw jauh lbh ska NEWS dr Kanjani8 T_T. jdny klo mau liat ryo terpaksa liat Kanjani8

    Borongan bgt y komenny gw wkwkwkwkwk.. *sorry for disturbing

    • Makasih pik dah mampir n ngasih komen ya domo😉

      Deathnote will alwys be #1 hehe

      iya nih pik, klo kbr yamapi santer sih sejak die ngeluarin single solo tp klo Ryo huhuhu ;( tp mungkin emang dah saatnya kali ya Ryo mesti milih. . .

      Iya nih yuriko juga ad di https://boutjapan.wordpress.com/2011/08/18/bokura-ga-ita-live-action-movie-ikuta-toma/
      jadi leading actress berpasangan dg ikuta toma, malah mereka digosipin jadian gara2 film itu, liat aktingnya di Gantz (https://boutjapan.wordpress.com/2011/08/09/gantz-2-perfect-answer/) kayakna dia ga cuma jual tampang, she’s gud ^^ cant wait for Kaiji 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: